Jumat, 28 Desember 2012

TEKNIK AKUNTANSI KEUANGAN SEKTOR PUBLIK


Hal yg dipertimbangkan dlm penetapan standar akuntansi
, al:1.Standar memberikan pedomattg informasi yg hrs disajikan dlm laporanposisi keuangan, kinerja & aktivitas organisasi bagi pengguna informasi.2.Standamemberikan petunjuk aturan tindakan bagi auditor ygmemungkinkan pengujian scr hati-hati & independen saat menggunakankeahlian integritasnydlm mengaudit laporan organisasi serta saatmembuktikan kewajarannya.3.Standamemberikan petunjuk ttkumpulan data yperldisajikanberkaitan dg berbagai variabel yg patut dipertimbangkan dlm bidangperpajakan, regulasi, perencanaan, regulasekonomi peningkatanefisiensi ekonomi serta tujuan sosial lainnya.4.Standar menghasilkaprinsiteori ypenting bagpihak ygberkepentingan dlm disiplin ilmu akuntansi.
Standar overload terjadi ketika
:1.terlalbanyak2.terlalu rumit3.tak tegas (rigid) shg sulit membuat pilihan penerapannya
4.
general-purposes standards
shgagadlmenyajikan perbedaankebutuhan diantara para penyaji & pengguna5.kurang spesifik shg gagal dlm mengidentifikasi perbedaan antaraEntitas publik & entitas non-publikLaporakeuangan tahunainterimOrganisasi besar & kecilLaporan keuangan auditan & non-auditan6.Pengungkapan yg berlebihan dan/atau pengukuran yg terlalu kompleks
TEKNIK-TEKNIK AKUNTANSI KEUANGAN SEKTOR PUBLIK
Teknik akuntansi keuangan yg dpt diadopsi oleh sektor publik:1AkuntansAnggaran4AkuntansKas2Akuntansi Komitmen5AkuntansAkrual3AkuntansDana
Teknik akuntansi tsb tak bersifat mutually, artinya penggunaan satu teknik takberarti menolak penggunaan teknik lain.
Akuntansi Anggaran
Mrp teknik akuntansi yg menyajikan jml yg dianggarkan dg jml aktual dandicatat scr berpasangan (
double entry
). Lebih menekankan pd bentuk dr akun-akun keuangan bukan pd isi akun tsb
Dpt membandingkan scr sistematikontinyjml anggaran dgrealisasianggaran, shg dpt dilakukan tindakan koreksi bila tdpt varians.
Tujuan: utmenekankan peraanggaran dlsikluperencanaan,pengendalian, & akuntabilitas.
Kelemahan: teknik ini sangat kompleks.
Akuntansi Komitmen
Akuntanskomitmeadsistem akuntansymengakui transaks&mencatatnya pd saat
order dikeluarkan
.3

Tujuan: utk pengendalian anggaran, agar tak over-commit the budget
Masalah: akun yg dicatat hanya didukung oleh order yg dikeluarkan, tak ada
legal-liability 
utk patuh pd order & order dg mudah dibatalkan. Shg sulit utkmengakui biaya utk periode ybs yg didasarkan pd order yg dikeluarkan
Akuntansi Dana
Masalah utama org publik adl
pencarian sumber & alokasi dana
Teori akt dana dikembangkan oleh Vatter (1947) untuk tujuan org. bisnis dgmelihat bbrp kelemahan perush pribadi dg perush badan, yi
1.
perush perorangan (milik pribadikurang menguntungkan drpperushmilik publik/PT2.adanya kesalahan dlm memhami makna entitasOki, org sbg
series of fund 
shg LK mrp konsolidasi dr LK dana yg mjd bagianorganisasi
Pengertian "dana" berdasarkan GASB (1999 par. 208) adl
:"A fiscal and accountinentity with self-balancinseof accountsrecording cash another financial resources, together with alrelatedliabilities and residual equities or balances, and changes therein, which aresegregated for the purpose of carryinon specific activitieor attainingcertain objectives in accordance with special regulations, restrictions, andlimitations"
Perbandingan akuntansi dana
pd org bisnis dg sektor publik sbb:
OrganisasBisnisOrganisasSektoPublik
Dan1Dan2A=U+SDA=U+SDA=U+KBDan3Dana
n
A=U+SDA=U+SDAktivTetapUtanjpanjang
Ket:AktivSD Saldo DanaKB KekayaaBersihUtang
Sistem akt pemerintah yg dilakukan dg konsep dana, memperlakukan unitkerja sbg accounting entity & budget entity yg berdiri sendiri.
Sistem ini dibuat utk memastikan bahwa uang publik dibelanjakan utk tujuanyg telah ditetapkanDandapat dikeluarkan bila tdpt otorisasi dr dewanlegislatif, pihak eksekutif, atau krn tuntutan peraturan perundangan.
Sistem akuntansi dana adalah metoda akuntansi yang menekankan padapelaporan pemanfaatan dana, bukan pelaporan organisasi itu sendiri.
Dua jenis dana pd organisasi sektor publik, yaitu:
1.
expendable fund
: digunakan utk menctt nilai aktiva, utang, perubahanaktiva bersih salddana yg dpdibelanjakan utkegiatayg takbertujuan mencari laba. Digunakan pd governmental funds4

2.
Nonexpendable fund
: utk menctt pendapatan, biaya, aktiva, utang, &modal utk kegiatan yg sifatnya mencari laba. Digunakan pd organisasibisnis (proprietary funds).
Akuntansi Kas
Penerapaakuntanskaspendapatan dictpd saakaditerim&pengeluaran dictt ketika kas dikeluarkan.
Kelebihan: menceriminkan pengeluaran yg aktual, riil dan obyektif.
NamuGAAP tamenganjurkan pencttdg dasakakrn tadptmencerminkan kinerja sesungguhnya.
Akuntansi Akrual
Akuntansi akrual dianggap lebih baik drpd akuntansi kas. Akuntansi akrualdiyakini dpt menghasilkan LK yg lebih dpt dipercaya, akurat, komprehensif, &relevan utk pengambilan keputusan ekonomi, sosial, & politik.
Pengaplikasian
accrual basis
dlm ASP adl utk menentukan
cost ofservices& chargingfor services
,
yaitu utk mengetahui besarnya biaya yg dibutuhkanutk menghasilkan pelayanan publik serta penentuan harga pelayanan ygdibebankan kpd publik.
Aplikasi
accrual basis
sektor swasta digunakan utk
proper matching costagaintrevenue
.
Perbedaan ini disbbkan krn pd sektor swasta lebih
 profit oriented,
sedangkan sektor publik pd
 public service oriented.
Perbedaan antara akuntansi berbasis kas dg berbasis akrual:1BasiKasPenerimaakaPengeluarakaPerubahakas.2BasiAkrualPendapatan/incomBiaya-biayRugi/laba(surplus/defisit)3Pendapatan/incomePenerimaan kas selama satu periode akuntansi - saidoawal piutang + saido akhir piutang.4BiayaKayandibayarkaselamsatperiodakuntans-saldo awal utang + saldo akhir utang.
Single Entry dan Double Entry
Single entry 
digunakan sebagai dasar pembukuan dg alasan kemudahan &kepraktisanNamutadpmemberikainformasyg komprehensi&mencerminkan kinerja sesungguhnya.
Tuntutan
googovernance 
transparaiisi akuntabilitas pengelolaankeuangan organisasi sektor publik) mjdkan perubahan dr sistem
single entry 
mjd
double entry 
sbg solusi mendesak diterapkan.
Aplikasi pencttn transaksi dg sistem
double entry 
ditujukan utk
1.
menghasilkaLK yg
auditable
&
traceable
ymrfaktoutamamenghasilkan informasi keu yg dpt dipertanggungjawabkan kpd publik.2.Dpt dilakukan pengukuran kinerja scr lebih tepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar