Hal yg dipertimbangkan dlm penetapan standar akuntansi
, al:1.Standar memberikan pedoman ttg informasi yg hrs disajikan dlm laporanposisi keuangan, kinerja & aktivitas organisasi bagi pengguna informasi.2.Standar memberikan petunjuk & aturan tindakan bagi auditor ygmemungkinkan pengujian scr hati-hati & independen saat menggunakankeahlian & integritasnya dlm mengaudit laporan organisasi serta saatmembuktikan kewajarannya.3.Standar memberikan petunjuk ttg kumpulan data yg perlu disajikanberkaitan dg berbagai variabel yg patut dipertimbangkan dlm bidangperpajakan, regulasi, perencanaan, regulasi ekonomi & peningkatanefisiensi ekonomi serta tujuan sosial lainnya.4.Standar menghasilkan prinsip & teori yg penting bagi pihak ygberkepentingan dlm disiplin ilmu akuntansi.
Standar overload terjadi ketika
:1.terlalu banyak2.terlalu rumit3.tak tegas (rigid) shg sulit membuat pilihan penerapannya
4.
general-purposes standards
shg gagal dlm menyajikan perbedaankebutuhan diantara para penyaji & pengguna5.kurang spesifik shg gagal dlm mengidentifikasi perbedaan antara•Entitas publik & entitas non-publik•Laporan keuangan tahunan & interim•Organisasi besar & kecil•Laporan keuangan auditan & non-auditan6.Pengungkapan yg berlebihan dan/atau pengukuran yg terlalu kompleks
TEKNIK-TEKNIK AKUNTANSI KEUANGAN SEKTOR PUBLIK
Teknik akuntansi keuangan yg dpt diadopsi oleh sektor publik:1Akuntansi Anggaran4Akuntansi Kas2Akuntansi Komitmen5Akuntansi Akrual3Akuntansi Dana
Teknik akuntansi tsb tak bersifat mutually, artinya penggunaan satu teknik takberarti menolak penggunaan teknik lain.
Akuntansi Anggaran
Mrp teknik akuntansi yg menyajikan jml yg dianggarkan dg jml aktual dandicatat scr berpasangan (
double entry
). Lebih menekankan pd bentuk dr akun-akun keuangan bukan pd isi akun tsb
Dpt membandingkan scr sistematik & kontinyu jml anggaran dgrealisasianggaran, shg dpt dilakukan tindakan koreksi bila tdpt varians.
Tujuan: utk menekankan peran anggaran dlm siklus perencanaan,pengendalian, & akuntabilitas.
Kelemahan: teknik ini sangat kompleks.
Akuntansi Komitmen
Akuntansi komitmen adl sistem akuntansi yg mengakui transaksi &mencatatnya pd saat
order dikeluarkan
.3
Tujuan: utk pengendalian anggaran, agar tak over-commit the budget
Masalah: akun yg dicatat hanya didukung oleh order yg dikeluarkan, tak ada
legal-liability
utk patuh pd order & order dg mudah dibatalkan. Shg sulit utkmengakui biaya utk periode ybs yg didasarkan pd order yg dikeluarkan
Akuntansi Dana
Masalah utama org publik adl
pencarian sumber & alokasi dana
Teori akt dana dikembangkan oleh Vatter (1947) untuk tujuan org. bisnis dgmelihat bbrp kelemahan perush pribadi dg perush badan, yi
1.
perush perorangan (milik pribadi) kurang menguntungkan drpd perushmilik publik/PT2.adanya kesalahan dlm memhami makna entitasOki, org sbg
series of fund
shg LK mrp konsolidasi dr LK dana yg mjd bagianorganisasi
Pengertian "dana" berdasarkan GASB (1999 par. 208) adl
:"A fiscal and accounting entity with a self-balancing set of accountsrecording cash and other financial resources, together with all relatedliabilities and residual equities or balances, and changes therein, which aresegregated for the purpose of carrying on specific activities or attainingcertain objectives in accordance with special regulations, restrictions, andlimitations"
Perbandingan akuntansi dana
pd org bisnis dg sektor publik sbb:
Organisasi BisnisOrganisasi Sektor Publik
Dana 1Dana 2A=U+SDA=U+SDA=U+KBDana 3Dana
n
A=U+SDA=U+SDAktiva TetapUtang jk panjang
Ket:A = Aktiva SD = Saldo DanaKB = Kekayaan BersihU = Utang
Sistem akt pemerintah yg dilakukan dg konsep dana, memperlakukan unitkerja sbg accounting entity & budget entity yg berdiri sendiri.
Sistem ini dibuat utk memastikan bahwa uang publik dibelanjakan utk tujuanyg telah ditetapkan. Dana dapat dikeluarkan bila tdpt otorisasi dr dewanlegislatif, pihak eksekutif, atau krn tuntutan peraturan perundangan.
Sistem akuntansi dana adalah metoda akuntansi yang menekankan padapelaporan pemanfaatan dana, bukan pelaporan organisasi itu sendiri.
Dua jenis dana pd organisasi sektor publik, yaitu:
1.
expendable fund
: digunakan utk menctt nilai aktiva, utang, perubahanaktiva bersih & saldo dana yg dpt dibelanjakan utk kegiatan yg takbertujuan mencari laba. Digunakan pd governmental funds4
2.
Nonexpendable fund
: utk menctt pendapatan, biaya, aktiva, utang, &modal utk kegiatan yg sifatnya mencari laba. Digunakan pd organisasibisnis (proprietary funds).
Akuntansi Kas
Penerapan akuntansi kas: pendapatan dictt pd saat kas diterima &pengeluaran dictt ketika kas dikeluarkan.
Kelebihan: menceriminkan pengeluaran yg aktual, riil dan obyektif.
Namun GAAP tak menganjurkan pencttn dg dasar kas krn tak dptmencerminkan kinerja sesungguhnya.
Akuntansi Akrual
Akuntansi akrual dianggap lebih baik drpd akuntansi kas. Akuntansi akrualdiyakini dpt menghasilkan LK yg lebih dpt dipercaya, akurat, komprehensif, &relevan utk pengambilan keputusan ekonomi, sosial, & politik.
Pengaplikasian
accrual basis
dlm ASP adl utk menentukan
cost ofservices& chargingfor services
,
yaitu utk mengetahui besarnya biaya yg dibutuhkanutk menghasilkan pelayanan publik serta penentuan harga pelayanan ygdibebankan kpd publik.
Aplikasi
accrual basis
sektor swasta digunakan utk
proper matching costagaints revenue
.
Perbedaan ini disbbkan krn pd sektor swasta lebih
profit oriented,
sedangkan sektor publik pd
public service oriented.
Perbedaan antara akuntansi berbasis kas dg berbasis akrual:1Basis KasPenerimaan kas - Pengeluaran kas = Perubahan kas.2Basis AkrualPendapatan/income - Biaya-biaya = Rugi/laba(surplus/defisit)3Pendapatan/incomePenerimaan kas selama satu periode akuntansi - saidoawal piutang + saido akhir piutang.4BiayaKas yang dibayarkan selama satu periode akuntansi -saldo awal utang + saldo akhir utang.
Single Entry dan Double Entry
Single entry
digunakan sebagai dasar pembukuan dg alasan kemudahan &kepraktisan. Namun tak dpt memberikan informasi yg komprehensif &mencerminkan kinerja sesungguhnya.
Tuntutan
good governance (
transparaiisi & akuntabilitas pengelolaankeuangan organisasi sektor publik) mjdkan perubahan dr sistem
single entry
mjd
double entry
sbg solusi mendesak diterapkan.
Aplikasi pencttn transaksi dg sistem
double entry
ditujukan utk
1.
menghasilkan LK yg
auditable
&
traceable
yg mrp faktor utamamenghasilkan informasi keu yg dpt dipertanggungjawabkan kpd publik.2.Dpt dilakukan pengukuran kinerja scr lebih tepat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar