Kamis, 08 November 2012

AKUNTANSI BIAYA


Akuntansi biaya adalah salah satu bidang akuntansi yang digunakan untuk proses pencatatan, pelacakan, dan analisis terhadap biaya yang berhubungan dengan aktivitas suatu organisasi atau perusahaan untuk menghasilkan barang atau jasa. Biaya didefinisikan sebagai sumber daya dan waktu yang dibutuhkan dan diukur dengan satuan mata uang.
Namun, sebelum kita berbicara khusus mengenai teori akuntansi biaya tersebut, ada baiknya jika terlebih dahulu kita memahami pengertian dan dasar-dasar teori akuntansi. Teori dasar tersebut adalah salah satu pedoman yang bisa mempermudah kita untuk lebih memahami seluk beluk akuntansi sehingga segala hal yang behrubungan dengan akuntansi dapat dipercahkan dengan solusi yang mudah.

Apa yang Dimaksud dengan Akuntansi?

Teori akuntansi sebetulnya merupakan derivasi dari teori ekonomi sehingga siapa pun yang mempelajari teori ekonomi, wajib pula mempelajari teori akuntansi. Begitu juga sebaliknya. Hal tersebut disebabkan oleh keterkaitan antara kedua disiplin ilmu tersebut, terutama dalam kegiatan perekonomian.
Secara bahasa, akuntansi sendiri berarti sebuah tindakan yang berhubungan dengan pencatatan, pengklasifikasian, dan peringkasan semua transaksi yang berhubungan dengan tindakan keuangan. Berbagai transaksi keuangan tersebut wajib dicatat sebagai bukti adanya transaksi sehingga seseorang tidak akan mendapatkan kerugian apabila dilakukan sistem akuntansi yang baik.
Salah satu tindakan akuntansi yang biasa kita lihat dalam kehidupan perekonomian sehari-hari adalah dalam hal catatan perbankan, baik yang dilakukan olehBank, perusahaan keuangan, perusahaan jasa kredit, bahkan perusahaan lain yang tidak ada hubungannya dengan perbankan sekalipun.
Aplikasi akuntansi tersebut dilakukan dalam tiga laporan keuangan, yakni akuntansi biaya atau akuntansi keuangan, akuntansi manajemen, dan akuntansi pemerintah yang ketiganya memiliki implikasi yang sama dalam hal tindakan pencatatan, pengklasifikasian, dan peringkasan transaksi. Namun, yang membedakan ketiganya adalah oleh siapa dan kepada siapa laporan keuangan yang telah dicatat dilaporkan.

Aplikasi Tindakan Akuntansi

Seperti yang sudah disebutkan di atas, ada beberapa cara khusus untuk bisa mengaplikasikan tindakan akuntansi dalam sistem keuangan. Pertama, Akuntan harus mencatat data ke dalam dokumen khusus sebagai bukti transaksi keuangan. Transaksi tersebut kemudian dicatat ke dalam buku keuangan yang dinamakanjurnal. Setelah itu, barulah pencatatan jurnal dipindahkan ke buku besar yang khusus mengklasifikasikan antara tindakan debet dan tindakan kredit. Terakhir, barulah dihitung jumlah keseluruhan dari kedua transaksi tersebut sehingga menghasilkan saldo.
Segala tindakan akuntansi tersebut haruslah dilakukan dengan saksama dan teliti karena satu kesalahan yang dilakukan akan merembet pada catatan transaksi lainnya sehingga interpretasi keuangan diragukan kebenarannya.

Definisi Akuntansi Biaya Menurut Beberapa Pakar

Menurut Schaum, akuntansi biaya adalah suatu prosedur untuk mencatat dan melaporkan hasil pengukuran dari biaya pembuatan barang danjasa. Fungsi akuntansi biaya menurut Schaum adalah melakukan akumulasi biaya untuk penilaian persediaan dan penentuan pendapatan.
Sementara menurut Carter dan Usry, akuntansi biaya adalah suatu proses penghitungan biaya dengan tujuan untuk aktivitas perencanaan dan pengendalian, perbaikan efisiensi dan kualitas, serta pembuatan keputusan yang bersifat rutin dan strategis.

Objek Biaya

Objek biaya (cost object) atau tujuan biaya (cost objective) adalah sebagai suatu aktivitas atau item yang biayanya diakumulasi dan diukur. Berikut ini aktivitas-aktivitas dan item yang dapat menjadi objek biaya.
·         Produk dan proses.
  • Batch dari unit-unit sejenis dan departemen.
  • Pesanan pelanggan dan divisi.
  • Kontrak dan proyek.
  • Lini produk dan tujuan strategis.

Pendekatan Akuntansi Biaya

Terdapat tiga pendekatan yang biasa dilakukan untuk proses akuntansi biaya. Berikut ini tiga pendekatan akuntansi biaya.
  • Biaya standar (standar costing),
  • Biaya berdasarkan kegiatan (activity-based costing), dan
  • Biaya berdasarkan hasil (throughput accounting).

Revolusi dalam Akuntansi Biaya

Akuntansi biaya telah mengalami perubahan yang sangat drastis karena perkembangan sistem komputer yang hampir menenggelamkan eksistensi pembukuan manual. Sekarang, akuntansi biaya telah menjadi kebutuhan premier dalam semua organisasi, bank, perusahaan, serta lembaga pemerintahan.
Akhir-akhir ini, telah banyak perusahaan yang menerapkan metode pabrikasi produk, perdagangan produk, atau pemberian jasa dengan bantuan komputer. Dengan adanya teknologi, telah sangat memberikan dampak terhadap akuntansi biaya.

Pengajaran dalam Akuntansi Biaya

Banyak pelajaran yang diberikan dalam akuntansi biaya. Semua pelajaran akuntansi biaya berkaitan dengan biaya-biaya yang mungkin timbul dalam proses produksi. Proses belajar yang dilakukan dalam akuntansi biaya, di antaranya tentang penentuan harga pokok produk (bersama dan sampingan), harga pokok proses, pembiayaan (biaya variabel dan biaya tetap), biayaoverhead pabrik, departementalasi biaya overhead, biaya bahan baku, biaya tenaga kerja (langsung dan tidak langsung), pengendalian biaya, serta analisis biaya pemasaran.

Manfaat Akuntansi Biaya

Akuntansi biaya adalah salah satu cabang akuntansi. Akuntansi biaya merupakan alat bagi manajemen untuk mengawasi dan merekam transaksi biaya secara sistematis, serta menyajikan informasi biaya dalam bentuk laporan biaya.
Manfaat biaya adalah menyediakan informasi yang diperlukan oleh manajemen untuk mengelola perusahaannya. informasi itu berupa perencanaan dan pengendalian laba, penentuan harga pokok produk dan jasa, serta pengambilan keputusan oleh manajemen perusahaan.

Keterbatasan dalam Sistem Akuntansi Biaya

Dalam akuntansi biaya juga ada beberapa kekurangan, terutama dalam sistem akuntansi biaya yang telah ketinggalan zaman. Gejala-gejala dari sistem biaya yang sudah ketinggalan zaman, yaitu hasil dari penawaran sulit dijelaskan, harga pesaing tampak lebih rendah sehingga tidak masuk akal, produk-produk yang sulit diproduksi menunjukkan laba yang tinggi, manajer operasional ingin menghentikan produk-produk yang kelihatan menguntungkan.
Selain itu, marjin laba sulit untuk dijelaskan, pelanggan tidak mengeluh atas kenaikan harga, divisi akuntansi menghabiskan banyak waktu hanya untuk memberi data biaya bagi proyek khusus, serta biaya produk berubah karena ada perubahan peraturan pelaporan.
Berbagai Teori Akuntansi Dasar
  
Seperti halnya teori Ekonomi, teori akuntansi dasar juga wajib dimiliki oleh
para pekerja yang terkait dengan bidang ekonomi. Terutama pada praktisi jasa yang
menyediakan berbagai informasi kuantitatif mengenai suatu kesatuan ekonomi.

Akuntansi sendiri merupakan sebuah cara untuk mencatat, mengklasifikasi,
dan merangkum semua transaksi kejadian yang berhubungan dengan keuangan,
yakni dengan menginterpretasi hasil transaksi tersebut.

Aplikasi akuntansi dasar bisa dilihat dari tata buku yang biasanya digunakan
oleh perusahaan tertentu seperti Bank atau perusahaan leasing yang terkait dengan
transaksi kredit dan debet. Namun, secara luasnya lagi, akuntansi terdiri atas tiga
cabang, yakni akuntansi keuangan, akuntansi manajemen, dan akuntansi
pemerintah.

Akuntansi keuangan adalah akuntansi yang menghasilkan laporan keuangan
bagi pihak-pihak tertentu seperti investor atau kreditor, sedangkan akuntansi
manajemen adalah akuntansi yang laporan keuangannya dihasilkan bagi
kepentingan pihak manajemen atau instansi tertentu.

Sementara itu, akuntansi pemerintah adalah akuntansi yang laporan hasil
keuangannnya  untuk kemudian dipertanggungjawabkan kepada masyarakat melalui
pihak pemerintah, seperti APBN atau APBD.

Salah satu hal penting yang terdapat dalam aplikasi akuntansi dasar adalah
siklus akuntansi, yakni langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menghasilkan
interpretasi mengenai laporan keuangan.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencatat data ke dalam
dokumen sebagai bukti transaksi pertama. Lalu mencatat transaksi tersebut ke
dalam buku yang sudah dipersiapkan untuk pencatatan (jurnal). Dari jurnal, transaksi
tersebut dipindahkan ke buku besar dengan sistem debet dan kredit. Setelah itu,
barulah membuat saldo untuk mengetahui kebenaran transaksi.

Pemasukkan nilai-nilai mata uang ke dalam buku, jurnal, maupun buku besar
harus dilakukan dengan teliti karena hal itu akan sangat berpengaruh terhadap
interpretasi keuangan selanjutnya.

Jika terdapat kesalahan pada pencatatan atau penjurnalan, maka simpulan
hasil keuangannya pun akan mengalami kesalahan yang cukup fatal.

1 komentar:

  1. ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CERITA CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya atas nama bambang asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah, hati hati teman banyak jasa pengurus yang tidak benar contoh'nya saya pernah adakan pengurusan di salah satu web ijasah di google ternyata hasil'nya saya hanya di TIPU, tapi saya'pun tetap bersabar dan alhamdulillah ternyata semua itu ada hikma'nya, dan suatu hari kemudian tak di sangka saya bertemu salah satu anggota keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0823-5240-6469, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya yang hilang mulai dari SD sampai S1 yang kemarin saya jadi korban kebakaran dan alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0823-5240-6469, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsun selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, syarat dan ketentuan cara ngurus ijasah di bawah ini wassalam.....

    1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
    – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
    – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
    – Drop out takut dimarahin ortu
    – IPK jelek, ingin dibagusin
    – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
    – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
    – Dll.
    2. PRODUK KAMI
    Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
    SARJANA (S1, S2)..
    Hampir semua perguruan tinggi kami punya
    data basenya.
    UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
    UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
    UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
    UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
    UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
    UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
    UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
    AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
    UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
    INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
    STIE SUKABUMI YAI
    ISTN STIE PERBANAS
    LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
    STIMIK UKRIDA
    UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
    UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
    UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
    UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
    UNIVERSITAS SAHID DLL

    3. DATA YANG DI BUTUHKAN
    Persyaratan untuk ijazah :
    1. Nama
    2. Tempat & tgl lahir
    3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
    4. IPK yang di inginkan
    5. universitas yang di inginkan
    6. Jurusan yang di inginkan
    7. Tahun kelulusan yang di inginkan
    8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
    9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
    10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
    11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
    4. Biaya – Biaya
    • SD = Rp. 1.500.000
    • SMP = Rp. 1.500.000
    • SMA = Rp. 2.000.000
    • D3 = 6.000.000
    • S1 = 7.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
    (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
    • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
    (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
    • Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000

    BalasHapus