Kamis, 08 November 2012

CONTOH PERUSAHAAN MANUFAKTUR


Perusahaan manufaktur adalah perusahaan yang memproses bahan mentah hingga berubah menjadi barang yang siap untuk dipasarkan. Semua proses yang terjadi di industri ini umumnya melibatkan berbagai peralatan modern.
Sebuah perusahaan manufaktur (sebelumnya pabrikan) atau factory plantation adalah sekumpulan bangunan industri, atau lebih umum sebuah kompleks yang memiliki beberapa bangunan, di mana para pekerja memproduksi barang atau mengoperasikan mesin pengolahan dari satu produk ke produk yang lain. Kebanyakan manufaktur modern memiliki gudang besar atau gudang-seperti fasilitas yang berisi peralatan berat yang digunakan untuk lini perakitan dan produksi. Biasanya, perusahaan jenis ini mengumpulkan dan memusatkan segala sumber daya: buruh, modal, dan plantasi mesin untuk menghasilkan sejenis produk yang berkualitas.
Perusahaan manufaktur dapat membuat produk diskrit atau beberapa jenis bahan yang terus menerus diproduksi seperti bahan kimia, pulp dan kertas atau produk minyak sulingan. Produk diskrit dapat berkisar dari bagian untuk komponen dan rakitan yang dibuat menjadi produk akhir di tempat lain atau mereka dapat membuat produk akhir. Perusahaan manufaktur mungkin di mulai dari bagian yang dipasok dari tempat lain atau mungkin sekedar membuat bagian-bagian dari bahan baku yang dibutuhkan pula oleh industri lain. Industri tersebut membuat bahan terus menerus, industri proses kadang-kadang disebut, biasanya menggunakan energi, biasanya panas, listrik atau keduanya, untuk mengubah bahan baku menjadi produk jadi.
Dalam hal ini kita bisa membagi perusahaan manufaktur menjadi dua bagian, sebagaimana penjelasan di atas. Yakni perusahaan hulu dan perusahaan hilir. Perusahaan manufaktur hulu akan selalu menjadikan atau berproses membuat barang baku yang dijadikan bahn oleh perusahaan lain. Misalkn besi, baja, semen, gips, plastik, kertas, dsb. Sementara perusahaan hilir cenderung membuat polesan tingkat kedua dari perusahaan hulu, misalkan dari kertas menjadi buku, dari semen menjadi bak mandi, dari besi menjadi mobil dsb.
Konglomerasi hulu dan hilir di Indonesia
Di Indonesia sendiri telah banyak perusahaan-perusahaan manufaktur yang berdiri dengan keunggulan masing-masing. Tidak sedikit pula yang kemudian meraih kesusksesan bahkan menjadi yang terbesar di Indonesia. Salah satu contoh perusahaan manufaktur di Indonesia adalah perusahaan Indofood. Yang kebetulan menjadi perusahaan terbesar yang bergerak dalam bidang hulu maupun hilir. Misalkan perusahaan hulu menghasilkan tepung terigu melalui merk Bogasari. Sementara perusahaan hilirnya menghasilkan produk Mie Instan yang tentu saja bahan bakunya diperoleh pada perusahaan hulu. Kecenderungan para pengusaha untuk memiliki atau menyatukan perusahaan manufaktur hulu dengan hilir kita kenali sebagai konglomerasi.
Nama Indofood sendiri pastinya sudah sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia. Perusahaan manufaktur ini memang sudah merajai sebagian besar makanan dan minuman di Indonesia.
Sudono Salim adalah pendiri perusahaan ini pada tahun 1972. Sejak dulu, Indofood telah banyak mengekspor bahan-bahan makanan yang diperlukan untuk produksi dari berbagai negara di Asia, Eropa, bahkan Australia.
Produk Indofood
Mengenai produk dari perusahaan manufaktur ini, tentunya Anda pun sudah tidak asing lagi. Berikut adalah beberapa contoh produk terkenal dari Indofood.
Mie instan
Bila ditanya tentang mie instan, Anda pasti langsung membayangkan nama produk mie instan yang saat ini pastilah sudah sangat terkenal, yaitu Indomie. Namun sebenarnya Indofood telah mengeluarkan produk-produk mie instan lain sejak puluhan tahun yang lalu.
Sarimi dan Supermi adalah dua contoh mie instan yang dikeluarkan oleh Indofood. Supermi sendiri adalah mie instan pertama yang muncul di Indonesia, tepatnya di tahun 1971, jauh sebelum merk Indomie muncul dan menjadi terkenal.
Makanan Ringan (snack)
Tak hanya mie instan, Indofood juga memproduksi beberapa makanan ringan atau snack yang ternyata banyak digemari oleh masyarakat Indonesia, terutama oleh anak-anak kecil dan remaja.
Contoh makanan ringan tersebut adalah snack merk Cheetos. Makanan ini sebenarnya adalah produk luar negeri, dan di Indonesia diproduksi oleh Indofood.
Minuman
Salah satu produksi dari perusahaan manufaktur ini juga mencakup minuman. Contoh minuman yang diproduksi oleh Indofood adalah 7 Up dan juga Pepsi, merk-merk minuman terkenal di dunia yang kemudian produksinya dipercayakan kepada Indofood di Indonesia.
Itulah beberapa hasil produksi dari Indofood sebagai perusahaan manufaktur ternama di Indonesia. Sebenarnya masih sangat banyak produk-produk lainnya, misalnya bumbu masakan, kecap, atau minyak goreng. Hampir semua produk Indofood bisa dipastikan laris di pasaran.
Sampai saat ini, Indofood sendiri telah memiliki beberapa anak perusahaan yang terus berkembang pesat menghasilkan produk-produk berkualitas demi memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia.
Daftar Produk Indofood
·      Indomie          : Merk Mie untuk keluarga kelas Menengah
·      Pop Mie          : Merk Mie Instan jenis dan kemasan cup  
·      Supermi          : Merk Mie instan untuk semua keluarga
·      Sarimi             : Merk Mie Instan untuk keluarga kelas menengah bawah
·      Cheetos          : Snack anak terutama rasa Jagung, dengan maskot Cheester Cheetah
·      Qtela              : Snack anak dengan bahan baku ketela
·      Chitato            : Snack keluarga berbahan baku kentang
·      Promina          : Makanan bayi
·      Bim-Bim         : Biskuit untuk anak anak
·      Trenz              : Biskuit untuk anak remaja
·      Maggi              : Bumbu dapur
·      Sakura            : Mie Instan kemasan mini
·      Mie Telor 3 ayam : Mie paket yang umum digunakan pedagang Mie goreng.
Popularitas Mie Instan Indofood
Dulu ada pameo keliru di kalangan rakyat Indonesi bahwa produk asal Indonesia apalagi mie instannya tidk akan pernah laku di jual di luar negeri. Pameo itu jelas ketinggalan zaman. Faktanya, berkt inovasi yang hebat dri perusahaan lokal seperti Indomie, merk Indomie saat ini menjadi merk ramen, atau Mie Instan yang paling populer semuka bumi. Pengakuan akan kepopuleran Indomie di dasarkan pada fakta dibukanya cabang plantasi di Afrika tepatnya di Nigeria. Indomie memang begitu popular dan menjadi makanan rakyat di benua Afrika.
Bahkan di AS sendiri, orang AS menganggap bahwa harga mahal Indomie sepadan dengan rasa yang disajikan. Dan Indomie dalam beberapa situs ternama di masukan sebagai mie Instan terbaik nomer 1 dan 2 dari 10 mie instan, yakni Indomie Keriting Spesial,  dan Indomie Mie Goreng Jumbo maka telah jelas fakta dua produk Indomie berada dalam daftar 10 besar versi RamenRater. Dalam penilaiannya menyebutkan :
“Truly the best instant noodles I’ve ever had. I love these – the noodles are flat and very tasty. The seasonings provide a broad range of flavors. Spicy, sweet, full of good flavor. I enjoyed this bowl with some turkey, fried eggs, pickled ginger, fried shallot and Sriracha (Red Rooster) sauce around Thanksgiving. Ah but throw on some eggs, some pickled ginger and some fried shallots and it’s even better. I know 5 stars is as high as it goes, but I will have to admit this is really just about my favorite. Like I mentioned at the beginning of the review, there’s another variety that comes with a packet that you add about 1/4 cup of water to and add. This goes well with the eggs – split the yolks if theyre runny and pour the soup base over it. Gloppy and glorious.” 
Pun Kritikus film Barat ternama Roger Ebert, menegaskan bahwa Indomie merupakan kado terbaik untuk Natalan. Apa artinya ini? Artinya apapun yang dihasilkan dari dunia pabrikan di Indonesia, yang di hasilkan oleh perusahaan manufakturnya tidak kalah dengan negara lain.
Perusahaan Manufaktur di Indonesia
Seiring dengan perkembangan teknologi, di Indonesia telah banyak berdiri sejumlah perusahaan manufaktur yang terus bekerja keras memproduksi barang untuk memenuhi setiap kebutuhan masyarakat Indonesia yang berperan sebagai konsumen. 
Perusahaan manufaktur adalah sebuah industri yang bekerja untuk menghasilkan suatu barang yang sesuai dengan kebutuhan konsumen, di mana proses produksi dilakukan untuk mengubah bahan baku/mentah menjadi barang jadi atau siap untuk digunakan. Proses produksi itu sendiri dilakukan secara mekanis atau fisik, dan melibatkan sejumlah peralatan modern. 
Sampai hari ini, banyak sekali produk olahan yang kita nikmati berasal dari perusahaan manufaktur. Mulai dari makanan, pakaian, maupun barang lain yang memang kita butuhkan sehari-hari. Kita memang tidak bisa lepas dari peran perusahaan manufaktur, di mana mereka berfungsi sebagai produsen dan kita tinggal menikmati hasil akhirnya. 
Contoh Perusahaan Manufaktur
Berikut ini adalah beberapa nama-nama perusahaan manufaktur yang ada di Indonesia dan terdaftar di BEI (Bursa Efek Indonesia).
PT. Indofood Sukses Makmur Tbk
Nama Indofood pastilah nama perusahaan manufaktur yang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Perusahaan ini memang masuk ke dalam daftar nama perusahaan di BEI. Sudah sangat banyak produk makanan dan minuman yang diproduksi oleh perusahaan ini.  
Misalnya beberapa merk mie instan, berbagai makanan ringan atau snack, sampai beberapa merk minuman terkenal di dunia yang produksinya dipercayakan pada perusahaan manufaktur yang satu ini.
PT. Aqua Golden Mississipi Tbk

Produk minuman Aqua bisa dibilang merupakan produk AMDK (air minum dalam kemasan) yang merajai pasaran di Indonesia. Produk ini sendiri muncul sejak tahun 1973 dan sudah menjadi merk generik untuk produk air kemasan.
PT. Unilever Indonesia Tbk
Perusahaan manufaktur yang satu ini sebenarnya adalah milik orang Belanda, namun di Indonesia pun produk-produk Unilever bisa ditemukan dengan mudah di toko atau supermarket.
Perusahaan ini menghasilkan banyak jenis produk yang dibutuhkan orang dalam kesehariannya. Misalnya sabun mandi, deterjen, makanan, minuman, bahkan sampai produk-produk kosmetik untuk kecantikan.
PT. Ultrajaya Milk Industry Tbk
Perusahaan manufaktur ini bergerak dalam bidang produksi minuman. Merk ini sendiri pastilah sudah cukup dikenal oleh masyarakat luas.  Perusahaan yang berdiri tahun 1975 ini berpusat di Kabupaten Bandung. Contoh hasil produksinya adalah susu Ultra Milk, Teh Kotak, atau Sari Kacang Ijo.
PT. Mustika Ratu Tbk

Nama perusahaan manufaktur yang satu ini pasti tidak asing, terutama bagi wanita. Mustika Ratu adalah perusahaan yang menghasilkan berbagai macam produk kecantikan atau kosmetik dan berpusat di Jakarta.
Perusahaan yang berdiri sejak tahun 1970 ini telah memproduksi banyak kosmetik dan telah diekspor ke beberapa negara. Produk-produk kecantikan tersebut berupa bedak, pembersih muka, lipstik, dan lain-lain..

6 komentar:

  1. Ini ada banyak link ke daftar perusahaan manufaktur di Indonesia, profil beserta alamatnya, lengkap banget: http://goo.gl/mqEBpP
    semoga bisa membantu visitor.

    thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CERITA CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya atas nama bambang asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah, hati hati teman banyak jasa pengurus yang tidak benar contoh'nya saya pernah adakan pengurusan di salah satu web ijasah di google ternyata hasil'nya saya hanya di TIPU, tapi saya'pun tetap bersabar dan alhamdulillah ternyata semua itu ada hikma'nya, dan suatu hari kemudian tak di sangka saya bertemu salah satu anggota keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0823-5240-6469, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya yang hilang mulai dari SD sampai S1 yang kemarin saya jadi korban kebakaran dan alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0823-5240-6469, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsun selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, syarat dan ketentuan cara ngurus ijasah di bawah ini wassalam.....

      1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
      – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
      – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
      – Drop out takut dimarahin ortu
      – IPK jelek, ingin dibagusin
      – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
      – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
      – Dll.
      2. PRODUK KAMI
      Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
      SARJANA (S1, S2)..
      Hampir semua perguruan tinggi kami punya
      data basenya.
      UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
      UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
      UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
      UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
      UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
      UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
      UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
      AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
      UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
      INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
      STIE SUKABUMI YAI
      ISTN STIE PERBANAS
      LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
      STIMIK UKRIDA
      UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
      UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
      UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
      UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
      UNIVERSITAS SAHID DLL

      3. DATA YANG DI BUTUHKAN
      Persyaratan untuk ijazah :
      1. Nama
      2. Tempat & tgl lahir
      3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
      4. IPK yang di inginkan
      5. universitas yang di inginkan
      6. Jurusan yang di inginkan
      7. Tahun kelulusan yang di inginkan
      8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
      9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
      10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
      11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
      4. Biaya – Biaya
      • SD = Rp. 1.500.000
      • SMP = Rp. 1.500.000
      • SMA = Rp. 2.000.000
      • D3 = 6.000.000
      • S1 = 7.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
      • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
      • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
      (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
      • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
      (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
      • Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000

      Hapus
  2. Dear Bapak/ Ibu

    Salam Kenal,

    Perkenalkan saya Johan, sales staff PT. Tritanu sebagai Agen Tunggal mesin Fotocopy multifungsi SHARP di Indonesia.
    Untuk kebutuhan akan Mesin Fotocopy yang handal, dengan kualitas hasil terbaik, percayakan hanya kepada kami.
    Mohon info dari Bapak/ Ibu, jika ada kebutuhan, demo unit, ataupun hal yang ingin disampaikan.

    Saya tunggu kabar baik dari Bapak/ Ibu.

    Terima Kasih.
    Best Regards,

    Johan S
    0812 1834 1491
    http://mesinfotokopisharp.blogspot.com/

    BalasHapus
  3. Dear : Bapak / Ibu
    di Perusaahaan

    Perkenalkan saya Budi dari PT.Iforbit Madyan Persada provider pelatihan, ingin menawarkan
    Info Akhir Tahun Mengenai Training di PT.IFORBIT MADYAN PERSADA Bandung, Running Desember 2016 :

    8-10 / Des / Seven Habit With NLP Approach / RUNNING
    13-16 / Des / Electrical Power System Analysis Using Software Application / RUNNING
    19-22 / Des / Safety Instrumentation System / RUNNING
    20-23 / Des / Management Project / RUNNING
    21-23 / Des / Implementation & evaluation / RUNNING
    26-29 / Des / Power Distribution Transformer / RUNNING
    26-29 / Des / Electrical Installation In Hazardous Area / RUNNING

    untuk info lebih lanjut mengenai jadwal, agenda 2017 dan materi lainnya dapat di akses melalui :

    PT. IFORBIT MADYAN PERSADA
    Telepon : 022 8200 2557
    Mobile : 0822 1666 9919
    Email : susilo@iforbit.co.id / training@iforbit.co.id / budisusilo.iforbit@gmail.com
    Website : www.iforbit.co.id
    Kantor : Jalan Setiabudhi No 105 E Bandung
    @2016 PROSES TIDAK AKAN MENGHIANATI HASIL

    BalasHapus
  4. ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CERITA CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya atas nama bambang asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah, hati hati teman banyak jasa pengurus yang tidak benar contoh'nya saya pernah adakan pengurusan di salah satu web ijasah di google ternyata hasil'nya saya hanya di TIPU, tapi saya'pun tetap bersabar dan alhamdulillah ternyata semua itu ada hikma'nya, dan suatu hari kemudian tak di sangka saya bertemu salah satu anggota keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0823-5240-6469, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya yang hilang mulai dari SD sampai S1 yang kemarin saya jadi korban kebakaran dan alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0823-5240-6469, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsun selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, syarat dan ketentuan cara ngurus ijasah di bawah ini wassalam.....

    1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
    – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
    – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
    – Drop out takut dimarahin ortu
    – IPK jelek, ingin dibagusin
    – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
    – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
    – Dll.
    2. PRODUK KAMI
    Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
    SARJANA (S1, S2)..
    Hampir semua perguruan tinggi kami punya
    data basenya.
    UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
    UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
    UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
    UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
    UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
    UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
    UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
    AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
    UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
    INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
    STIE SUKABUMI YAI
    ISTN STIE PERBANAS
    LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
    STIMIK UKRIDA
    UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
    UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
    UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
    UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
    UNIVERSITAS SAHID DLL

    3. DATA YANG DI BUTUHKAN
    Persyaratan untuk ijazah :
    1. Nama
    2. Tempat & tgl lahir
    3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
    4. IPK yang di inginkan
    5. universitas yang di inginkan
    6. Jurusan yang di inginkan
    7. Tahun kelulusan yang di inginkan
    8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
    9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
    10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
    11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
    4. Biaya – Biaya
    • SD = Rp. 1.500.000
    • SMP = Rp. 1.500.000
    • SMA = Rp. 2.000.000
    • D3 = 6.000.000
    • S1 = 7.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
    (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
    • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
    (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
    • Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000

    BalasHapus